LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK N 1 SEYEGAN PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

Arif Yudi Putra Pratama, Arif Yudi Putra Pratama (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK N 1 SEYEGAN PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN PPL PTSP.rar

Download (40MB)

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan bobot 3 SKS. Visi dari PPL adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu misi dari PPL adalah penyiapan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Seyegan yang beralamat di Jalan Kebon agung Jamblangan Margomulyo Sleman. Pelaksanaan kegiatan PPL selama kurang lebih satu bulan dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 yang ditandai dengan penerjunan langsung ke sekolah oleh UPPL LPPMP melalui DPL PPL masing-masing. Selanjutnya diterima oleh Koordinator PPL Sekolah dan seluruh Ketua Paket Keahlian (KPK). Setelah itu perkenalan lingkungan sekitar jurusan. PPL merupakan praktik belajar mengajar secara langsung di sekolah melalui pembagian kelas mengajar dan didampingi oleh guru pembimbing. Guru Pembimbing penyusun adalah Bapak Drs. Donatus Doni Pura. Kegiatan pelaksanaan PPL dibagi menjadi 3 (tiga) bagian pokok yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diantaranya persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Jadwal Mengajar, Persiapan Modul ajar, Bahan Evaluasi dan Media Pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dilakukan seminggu dua kali sesuai jadwal merupakan implementasi dari perencanaan yang telah dibuat. Hal-hal yang diperhatikan seperti penguasaan materi bahan ajar, media pembelajaran yang dipakai, penguasaan kelas, dan keteraturan dalam pelaksanaan praktikum yang memerlukan kedisiplinan dan profesionalitas. Evaluasi pembelajaran dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh pesertadidik untuk mengetahui tingkat pemahaman pesertadidikdan keberhasilan dalam sistem pembelajaran. Program – program tersebut merupakan salah satu tugas sebagai seorang guru di sekolah sehingga mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan merasakan secara langsung bagaimana proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Harapannya mahasiswa tidak hanya terjun langsung kehadapan siswa, tetapi juga belajar bagaimana cara memanajemen waktu, bersosialisasi dengan guru pembimbing dan guru lainnya, mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah, dan hal-hal terkait di dalam kehidupan sekolah. Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat dan membantu siswa dalam pengembangan bakat menjadi seorang jiwa pendidik dan harapannya pihak penyenggara yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dapat mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan pihak SMK Negeri 1 Seyegan, supaya kegiatan PPL dimasa mendatang akan lebih baik dan bermanfaat bagi semua pihak sekolah, siswa, dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 1 Seyegan, Pembelajaran, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35779

Actions (login required)

View Item View Item