LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KALASAN

SUSI FEBRIANI, SUSI FEBRIANI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan susi febriani.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih mahasiswa menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang didapatkannya selama belajar di kampus dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Sedangkan visi PPL sebagai wahana pembentukan calon guru/tenaga kependidikan yang profesional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 1 Kalasan dan berlangsung sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan mengamati permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Geografi pada khususnya. Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama praktik mengajar dilaksanakan, pembuatan catatan harian pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, dan pembuatan soalmevaluasi. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelas XI IIS 1, XI IIS 2, dan XI IIS 3. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 4 jam pelajaran dalam satu minggu untuk masing-masing kelas. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat merasakan langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lain yang berhubungan dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Manfaat lain yaitu mahasiswa dituntut untuk lebih bertanggung jawab dengan peserta didiknya, bagaimana cara mengelola kelas dan membuat peserta didik dari yang belum mengetahui materi menjadi memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Kalasan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35776

Actions (login required)

View Item View Item