LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Andhi Setyawan, Andhi Setyawan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN PPL PTSP.rar

Download (40MB)

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu lembaga pendidikan peguruan tinggi mempunyai berbagai program, salah satu program diantaranya adalah program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu kegiatan latihan kependidikan yang terdapat dalam butir Tri Darma Perguruan Tinggi yang bersifat intrakurikuler dengan tujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang kependidikan serta memiliki bobot 3 SKS. Kegiatan ini mencakup kegiatan mengajar dan kegiatan lainnya dalam rangka memenuhi persyaratan membentuk tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal dan mengamati permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Konstruksi Bangunan pada khususnya. Lokasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Negeri 1 Seyegan yang beralamat di Jalan Kebonagung Km.8, Jamblangan, Margomulyo, Seyegan, Sleman. Kegiatan ini dilaksanakan mulai awal bulan 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015 (1 bulan) yang ditandai dengan penerjunan langsung ke sekolah oleh UPPL melalui DPL Pamong. Selanjutnya diterima oleh Koordinator PPL Sekolah dan seluruh Ketua Kompetensi Kejuruan (K3), dilanjutkan dengan perkenalan lingkungan sekitar jurusan. Selama PPL masing-masing mahasiswa dibimbing oleh seorang guru pembimbing. Guru Pembimbing penulis adalah Ibu Catur Setyaningrum, M.T,. Kegiatan pelaksanaan PPL dibagi menjadi 3 (tiga) bagian pokok yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diantaranya persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Jadwal Mengajar, Persiapan Modul ajar, Bahan Evaluasi dan Media Pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dilakukan satu minggu dua kali sesuai jadwal, merupakan implementasi dari perencanaan yang telah dibuat. Evaluasi pembelajaran dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dan keberhasilan dalam sistem pembelajaran. Program – program tersebut merupakan tugas seorang guru di sekolah sehingga mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan merasakan secara langsung bagaimana rasanya menjadi seorang guru. Harapannya mahasiswa tidak hanya terjun langsung ke hadapan siswa, tetapi juga belajar bagaimana cara memanajemen waktu, bersosialisasi tenaga kependidikan lainnya, mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah, dan hal-hal terkait di dalam kehidupan sekolah. Kegiatan PPL ini telah memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, yaitu pengalaman, pengetahuan, dan wawasan baru seputar dunia sekolah dan permasalahan yang terdapat di dalamnya. Mahasiswa juga mengenal berbagai macam proses kegiatan yang terjadi di sekolah dan mahasiswa dapat berinteraksi dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka proses belajar mengajar di sekolah. Hal ini membuat Mahasiswa menjadi lebih siap apabila diterjunkan langsung ke lapangan (Sekolah) kelak karena bekal yang telah didapat selama pelaksanaan kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 1 Seyegan, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35775

Actions (login required)

View Item View Item