EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE PADA PEMBELAJARAN PROSES DASAR OTOMASI DI SMK BINAWIYATA SRAGEN

Agus , Surono (2011) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE PADA PEMBELAJARAN PROSES DASAR OTOMASI DI SMK BINAWIYATA SRAGEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
THE_EFFECTIVENESS_OF_LEARNING_STRATEGIES_THINK-PAIR-SHARE_THE_LEARNING_PROCESS_OF_AUTOMATION.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada pembelajaran proses dasar otomasi dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional dan strategi pembelajaran think-pair-share di SMK Binawiyata Sragen. Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran proses dasar otomasi dengan menggunakan strategi pembelajaran think-pair-share. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran think-pair-share pada pembelajaran proses dasar otomasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMK Binawiyata Sragen dengan kelas 2 Mesin 1 (2M1) sebagai kelas eksperimen dan kelas 2 Mesin 4 (2M4) sebagai kelas kontrol. Kelas 2M1 sebagai kelas eksperimen mengalami perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran think-pair-share dalam kegiatan belajar mengajarnya, sedangkan kelas 2M4 sebagai kelas kontrol tetap menggunakan strategi pembelajaran konvensional dalam kegiatan belajar mengajarnya. Hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional memperoleh hasil kurang memuaskan. Hasil belajar tersebut dapat ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 62,2. Nilai terbanyak yang diperoleh adalah pada nilai 64 dan 67. Nilai tengah dari data tersebut adalah pada nilai 64. Nilai tertinggi 81, sedangkan nilai terendahnya 33. Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran think-pair-share memperoleh hasil baik. Hasil belajar tersebut dapat ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 76,5. Nilai terbanyak yang diperoleh adalah pada nilai 83. Nilai tengah dari data tersebut adalah pada nilai 81. Nilai tertinggi 94, sedangkan nilai terendahnya 53. Pembelajaran dengan strategi think-pair-share efektif pada pembelajaran proses dasar otomasi. Pencapaian efektivitas ditinjau dari nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 70. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah adalah 76,5. Pencapaian nilai rata-rata kelas hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan, sehingga dapat dikatakan efektif. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample test menunjukkan bahwa ttabel < thitung (1,990 < 9,910). Dengan demikian, dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran think-pair-share dengan kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 09 Aug 2012 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 15:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3577

Actions (login required)

View Item View Item