LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN Jl. Kebonagung Km. 8, Jamblangan, Margomulyo, Seyegan, Sleman, Yogyakarta SEMESTER KHUSUS 10 AGUSTUS-12 SEPTEMBER 2015

Komara, Komara (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN Jl. Kebonagung Km. 8, Jamblangan, Margomulyo, Seyegan, Sleman, Yogyakarta SEMESTER KHUSUS 10 AGUSTUS-12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN PPL P.T. OTOMOTIF.rar

Download (50MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan langsung mengajar terbimbing secara langsung dan nyata. Praktek pengalaman lapangan merupaka mata kuliah praktek lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa universitas negeri yogyakarta dengan bobot 3 SKS praktek. Tujuan dilaksanakannya PPL ini adalah untuk penyiapan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional. Praktek Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan oleh penulis bertempat di SKMN 1 Seyegan yang beralamat di Jalan Kebonagung Jamblangan Margomulyo Sleman. Kegiatan PPL ini diawali dengan pembekalan, penyerahan, observasi, pelaksanaan PPL dan pembuatan laporan. Dengan waktu pelaksanaan mulai dari 10 agustus sampai dengan 12 September 2015, atau waktu munimal 128 jam dengan 4 kali tatap muka. Penyerahan mahasiswa PPL sudah dilaksanakan sejak bulan Februari 2015. Dalam pelaksanaan PPL di SMKN 1 Seyegan, penulis mendapatkan tugas untuk mengampu mata pelajaran Gambar Teknik dan di Bimbing oleh Drs. H. Suharyanto yang merupakan guru Gambar Teknik. Ada tiga kelas yang akan diampu oleh penulis yaitu X TKR1, X TKR 2 dan X TKR3. Dengan jadwal tatap muka dua jam pelajaran perminggu (2 x 45 menit). Dengan total tatap muka 5 kali untuk masing-masing kelas. Sehingga secara total praktikan sudah melaksanakan 15 kali tatap muka. Terlaksananya kegiatan PPL di SMK N 1 Seyegan ini tentunya banyak memberikan pengalaman secara langsung kepada praktikan tentang pekerjaan menjadi seorang guru dan kompetensi-kompetensi yang harus dikuasainya. Bukan hanya sekedar terampil dalm mengajar, tetapi juga cakap dalam kepribadian dan berinteraksi sosial.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, tujuan, mengajar, gambar teknik.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35756

Actions (login required)

View Item View Item