Ajeng Auliya Rosida, Ajeng Auliya Rosida (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
laporan individu ajeng.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Program Pegalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun ajaran 2015/2016 ini berlokasi di Dusun SMA Negeri 1 Kalasan, Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan program bagi mahasiswa untuk terjun langsung sebagai seorang pendidik. Mahasiswa dapat menyalurkan segala ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah kepada para siswa di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran serta kegiatan-kegiatan lain yang berlangsung di sekolah. Hal tersebut digunakan sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. Dalam pelaksanaannya metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan demonstrasi. Metode observasi dilakukan saat akan menyusun perencanaan program dan pencarian objek maupun sasaran program. Metode wawancara dilakukan saat melakukan tanya jawab kepada Guru Pembimbing guna pencarian data untuk keberlangsungan program. Metode demonstrasi penulis gunakan saat pelakasaan program belajar – mengajar. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar dan non mengajar di sekolah selama 1 bulan atau 128 jam kegiatan di sekolah. Setelah berkonsultasi mengenai materi pelajaran yang akan digunakan, praktikan mendapat wewenang untuk mengajar Delapan kelas. delapan kelas tersebut yaitu kelas XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3, XII MIPA 1, XII MIPA 2, XII MIPA 3, XII MIPA 4, Dan XII MIPA 5 dengan empat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam melaksanakan kegiatan PPL terdapat beberapa hambatan. Adapun hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama melaksanakan PPL terutama dalam proses pembelajaran di kelas yaitu siswa yang sulit dalam memahami pelajaran dan adanya siswa yang masih pasif. Penjelasan secara berulang dan pendekatan kepada siswa yang pasif dilakukan oleh praktikan untuk mengatasi hambatan tersebut.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMA NEGERI 1 KALASAN, Pendidikan Seni Tari |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 06:27 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |