LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS SAMPAI 12 SEPTEMBER 2015 SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Firzha Yuni Ananda Putri, Firzha Yuni Ananda Putri (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS SAMPAI 12 SEPTEMBER 2015 SMK NEGERI 1 SEYEGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
laporanpplfirzhayunianandaputri 12202244009.zip

Download (18MB)

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan bobot 3 SKS. Visi dari PPL adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu misi dari PPL adalah penyiapan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Seyegan yang beralamat di Jalan Kebonagung Km. 8, Jamblangan Margomulyo Sleman. Pelaksanaan kegiatan PPL selama kurang lebih 1 (satu) bulan dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 yang ditandai dengan penerjunan langsung ke sekolah oleh LPPMP melalui DPL PPL masing-masing. Selanjutnya diterima oleh Koordinator PPL Sekolah. Setelah itu, perkenalan lingkungan sekitar sekolah. PPL merupakan praktik belajar mengajar secara langsung di sekolah melalui pembagian kelas mengajar dan didampingi oleh guru pembimbing. Guru pembimbing penyusun adalah Ibu Atty Widayati, S.Pd. Kegiatan pelaksanaan PPL dibagi menjadi 3 (tiga) bagian pokok yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diantaranya persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Jadwal Mengajar, Persiapan Bahan Ajar, Bahan Evaluasi dan Media Pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas XI TO1 dan XI TO2 yang dilakukan seminggu sekali sesuai jadwal merupakan implementasi dari perencanaan yang telah dibuat. Hal-hal yang diperhatikan seperti penguasaan materi bahan ajar, media pembelajaran yang dipakai, penguasaan kelas, dan keteraturan dalam pelaksanaan praktik yang memerlukan kedisiplinan dan profesionalitas. Evaluasi pembelajaran dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dan keberhasilan dalam sistem pembelajaran. Hasil dari kegiatan PPL memberikan cukup pengalaman bagi praktikan untuk mengajar. Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instuisi. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 1 Seyegan, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35743

Actions (login required)

View Item View Item