PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS NILAI KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR AKUNTANSI PERSEDIAAN DI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Bagus Sambada, Habibie (2016) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS NILAI KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR AKUNTANSI PERSEDIAAN DI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan produk media pembelajaran akuntansi komik digital berbasis nilai karakter untuk siswa SMK kelas XI kompetensi dasar akuntansi persediaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengembangan komik digital berbasis nilai karakter sebagai media pembelajaran akuntansi SMK kelas XI; 2) mengetahui kelayakan komik digital berbasis nilai karakter oleh ahli materi; 3) mengetahui kelayakan komik digital berbasis nilai karakter oleh ahli media; 4) mengetahui kelayakan komik digital berbasis nilai karakter oleh guru akuntansi; 5) mengetahui respon siswa terhadap media komik digital berbasis nilai karakter; 6) mengetahui besarnya peningkatan nilai karakter dalam pembelajaran akuntansi terhadap media komik digital berbasis nilai karakter. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan model 4-D diantaranya ada tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, siswa, tugas, konsep dan spesifikasi tujuan. Pada tahap design terdiri dari penyusunan tes, pemilihan media, format, dan rancangan awal. Pada tahap develop terdiri dari penilaian ahli, uji pengembangan dan uji validasi yang melibatkan 1 guru SMK dan 62 siswa SMK kelas XI. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Define, produk yang sesuai untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran dalam standar kompetensi akuntansi persediaan adalah komik digital berbasis nilai karakter. 2) Design, peneliti membuat penyusunan tes acuan patokan, pemilihan media, pemilihan format dan rancangan awal. 3) Develop, dilakukan penilaian dan evaluasi media pembelajaran komik digital berbasis nilai karakter. Tingkat kelayakan media berdasarkan penilaian 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata 4,15 kategori layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata 4,81 kategori sangat layak, 3) Guru Akuntansi SMK diperoleh rata-rata 4,82 kategori sangat layak, 4) Siswa kelas XI Akuntansi 1 dan XI Akuntansi 2 diperoleh rata-rata 0,90 dan 0,93 kategori sangat layak. 5) Angket nilai karakter sebelum pengembangan dan sesudah pengembangan dapat meningkatkan nilai karakter siswa. Peningkatan tersebut diantaranya terdapat pada uji pengembangan, aspek nilai karakter jujur dari 0,74% ke 0,93% meningkat 19%; disiplin dari 0,90% ke 0,94% meningkat 4%; mandiri dari 0,69% ke 0,79% meningkat 10%; kreatif dari 0,53% ke 0,79% meningkat 26%; kerja keras dari 0,66% ke 0,70% meningkat 4%. Pada uji validasi, aspek nilai karakter jujur dari 0,81% ke 0,96% meningkat 15%; disiplin dari 0,87% ke 0,95% meningkat 8%; mandiri dari 0,68% ke 0,80% meningkat 12%; kreatif dari 0,68% ke 0,86% meningkat 18%; kerja keras dari 0,56% ke 0,73% meningkat 17%. 6) Disseminate, pendistribusian produk di kelas XI Akuntansi 1, 2, 3, dan 4 SMK Negeri 2 Purworejo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komik digital, media pembelajaran, akuntansi persediaan
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 09:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35742

Actions (login required)

View Item View Item