Novitasari, Putri (2016) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT AND DIVISION (STAD) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar level Higher Order Thinking Skills yang diberi model cooperative learning tipe STAD dengan direct instruction pada peserta didik kelas X SMA N 2 Yogyakarta, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar level Higher Order Thinking Skills yang diberi model cooperative learning tipe STAD dengan direct instruction pada peserta didik kelas X SMA N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif dan direct instruction. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMA N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016, teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 8 sebagai kelas eksperimen satu untuk metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang berjumlah 33 peserta didik dan kelas XI IPA 2 berjumalah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dua dengan metode direct instruction. Data yang digunakan untuk melihat Higher Order Thinking Skills menggunakan pretest sebagai kemampuan awal dan post test sebagai kemampuan akhir. Hasil pretest menunjukan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan awal dari kedua kelas. Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t pada progam SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukka bahwa: (1) Terdapat perbedaan Higher Order Thinking Skills antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model direct intruction. (2) Hasil N-Gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan Higher Order Thinking Skills peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model direct instructional. Peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) memiliki peningkatan Higher Order Thinking Skills yang lebih baik dibanding siswa yang menggunakan model direct instruction. Kata kunci : Higher Order Thinking Skills, cooperative learning, Student Team Achievement Division (STAD), Direct Intruction
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 06:45 |
Last Modified: | 01 Feb 2019 02:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35739 |
Actions (login required)
View Item |