PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA KELAS IVB SD NEGERI PANGGANG SEDAYU BANTUL

Rahma, Eli Fauzi (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA KELAS IVB SD NEGERI PANGGANG SEDAYU BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Eli Fauzi Rahma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas IVB SD Negeri Panggang Sedayu Bantul Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Panggang. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Panggang yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dann cacatan lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif yaitu dengan mencari persentase skor hasil observasi aktivitas belajar siswa. Hasil persentase tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif berupa pemaparan data dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa kelas IVB mengalami peningkatan. Rerata persentase aktivitas belajar siswa yang mencapai kriteria tinggi dari 22 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut juga diikuti dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap aspeknya. Aspek tersebut diantaranya yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis,dan merumuskan kesimpulan. Tindak lanjut yang dilakukan pada siklus II untuk memperbaiki siklus I yaitu lebih memfokuskan siswa dalam kegiatan percobaan, penggunaan kartu hipotesis dalam kegiatan merumuskan hipotesis, dan pemberian reward berupa penghargaan “the best of team” dalam kegiatan merumuskan kesimpulan. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPA, Strategi Pembelajaran Inkuiri terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jun 2016 05:17
Last Modified: 30 Jan 2019 09:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35724

Actions (login required)

View Item View Item