PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PANGGANG SEDAYU BANTUL

Retnaningsih, Damar (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PANGGANG SEDAYU BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Damar Retnaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Panggang Sedayu Bantul. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Panggang yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2015 hingga bulan April 2016 di SD Negeri Panggang yang beralamat di Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Data hasil penelitian diperoleh berdasarkan observasi dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa kelas V mengalami peningkatan melalui langkah model pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama, dan pemberian jawaban. Pada pra siklus, persentase motivasi belajar siswa menunjukkan persentase rendah sebesar 39,98%. Pada penggunakan model pembelajaran NHT siklus I, persentase motivasi belajar siswa meningkat sebesar 65,43% atau dalam kategori tinggi. Pada siklus II penggunaan model pembelajaran NHT, persentase motivasi belajar siswa meningkat sebesar 76,04% atau dalam kategori tinggi dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Siswa sudah mampu bekerja sama dalam kelompok, siswa lebih semangat dan termotivasi dalam belajar, dan siswa lebih aktif dan menghargai pendapat teman pada kegiatan diskusi kelompok. Kata kunci: Motivasi Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jun 2016 05:08
Last Modified: 30 Jan 2019 09:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35720

Actions (login required)

View Item View Item