LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) / MAGANG III LOKASI: SMP NEGERI 4 DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2014

Haris Suwondo, Haris Suwondo (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) / MAGANG III LOKASI: SMP NEGERI 4 DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN KELOMPOK PPL LOKASI SMP N 4 DEPOK.rar

Download (335MB)

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan. Kegiatan PPL/Magang III di SMP Negeri 4 Depok ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Tujuan dari kegiatan PPL/Magang III ini adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL/Magang III melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kemudian dilaksanakan Magang II yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktek mengajar mikro di sekolah. Setelah dilakukan persiapan dilakukan praktek mengajar di sekolah mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 Sepember 2015. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas VIII sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dalam praktek mengajar ini dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti penyusunan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Penyusunan Program Semester, Program Tahunan dan Evaluasi. Hasil kegiatan PPL/Magang III memberikan cukup pengalaman bagi praktikan untuk mengajar. Pelaksanaan PPL/Magang III dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35717

Actions (login required)

View Item View Item