UPAYA GURU DALAM MEMBINA KERJASAMA DENGAN ORANG TUA GUNA MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V DI SD NEGERI GEMBONGAN SENTOLO KULONPROGO

Krisnawanti, Apriliana (2016) UPAYA GURU DALAM MEMBINA KERJASAMA DENGAN ORANG TUA GUNA MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V DI SD NEGERI GEMBONGAN SENTOLO KULONPROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Apriliana Krisnawanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dalam membina kerjasama dengan orang tua guna membentuk karakter disiplin siswa kelas V, dan faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam membina kerjasama dengan orang tua guna membentuk karakter disiplin siswa kelas Vdi SD Negeri Gembongan. Dari penelitian ini diharapkan dapat ditemukan kebijakan yang mendukung keberhasilan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulonprogo. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas V, kepala sekolah, dan tiga orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data, menyajikan data ke dalam tabel dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melakukan berbagai upaya dalam membina kerjasama dengan orang tua guna membentuk karakter disiplin siswa kelas V di SD Negeri Gembongan, meliputi: mendirikan perkumpulan orang tua dan guru, melakukan sosialisasi pendidikan karakter serta melibatkan orang tua dalam perencanaan pendidikan karakter, membuat kesepakatan tentang kedisiplinan dengan orang tua dan memerangi dampak penggunaan media pada anak, membuat program untuk orang tua, menerima kritik dan saran dari orang tua, menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah, menyediakan pusat bantuan keluarga, dan melakukan kunjungan ke rumah orang tua murid. Faktor yang mendukung upaya guru dalam membina kerjasama dengan orang tua guna membentuk karakter disiplin siswa adalah keterlibatan orang tua serta tersedianya sarana dan prasarana di sekolah. Faktor yang menghambat upaya guru dalam membina kerjasama dengan orang tua adalah kurangnya kesadaran orang tua akan pendidikan dan perkembangan karakter disiplin siswa, kurangnya komunikasi antara orang tua dan guru, serta sebagian orang tua belum bisa meluangkan waktunya untuk mengahadiri pertemuan atau paguyuban. Kata kunci: kerjasama guru dengan orang tua, karakter disiplin siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:54
Last Modified: 30 Jan 2019 09:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35716

Actions (login required)

View Item View Item