LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) / MAGANG III DI SMP NEGERI 4 DEPOK SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014 / 2015

Mashud, Ali (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) / MAGANG III DI SMP NEGERI 4 DEPOK SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014 / 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN KELOMPOK PPL LOKASI SMP N 4 DEPOK.rar

Download (335MB)

Abstract

Penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang diselenggarakan oleh universitas melalui lembaga sekolah untuk melatih mahasiswa menerapkan ilmu yang diperolehnya untuk persiapan sebagai calon guru. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara real di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berlokasi di SMP Negeri 4 Depok yang beralamat di jalan Babarsari, Catur tunggal, Depok, Sleman. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berlangsung selama satu bulan, terhitung dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP 4 Depok, praktikan mengajar kelas VIII A, B, C dan D serta kelas IX A, B, C dan D. Materi yang diberikan cukup bervariasi, meliputi permainan bola basket, tolak peluru dan kesehatan untuk kelas VIII serta senam irama untuk kelas IX. Penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mampu memberikan kesempatan yang sangat berarti. Selama penyelenggaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa berinteraksi langsung dengan semua komponen yang ada di sekolah secara real. Hasil yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan PPL yaitu mendapatkan pengalaman real berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Selain itu, mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Mahasiswa, Mengajar, Real
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:38
Last Modified: 02 Oct 2019 00:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35707

Actions (login required)

View Item View Item