LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 Lokasi: SMP Negeri 4 Depok Alamat: Jalan Babarsari, Catur Tunggal, Depok, 585134

Rojali Said, Rojali Said (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 Lokasi: SMP Negeri 4 Depok Alamat: Jalan Babarsari, Catur Tunggal, Depok, 585134. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN KELOMPOK PPL LOKASI SMP N 4 DEPOK.rar

Download (335MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan yang lebih sering disingkat dengan PPL merupakan mata kuliah yang wajib tempuh bagi seluruh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta, yang mempunyai bobot 3 SKS. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk menetapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai bidang studinya masing-masing sehingga mahasiswa memiliki pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga akademis kependidikan. Harapan yang ingin dicapai adalah mahasiswa dapat meningkatkan pengertian, pemahaman dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah. Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih 1 bulan terhitung sejak 10 Agustus sampai 12 September 2015, yang berlokasi di SMP Negeri 4 Depok. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu dua kelas per minggu yakni kelas VIII C, dan VIII D. Jumlah jam sebanyak tiga jam pelajaran per kelas, dengan waktu petemuan satu kali dalam satu minggu. Adapun kegiatan pendampingan mengajar, yakni ikut serta mendampingi guru pembimbing di kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D di minggu pertama setelah penerjunan serta mendampingi rekan satu jurusan di kelas VIII A, dan VIII B. Pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari hambatan-hambatan. Namun demikian praktikan berusaha sebaik mungkin untuk dapat meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan PPL, sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar dan sesuai dengan program.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35704

Actions (login required)

View Item View Item