LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015/2016 LOKASI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) D. I. YOGYAKARTA

Tanfilu Awalizah, Tanfilu Awalizah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015/2016 LOKASI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) D. I. YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL TANFILU AWALIZAH.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk melatih dan mengembangkan ilmu yang diperoleh selama kuliah yang selanjutnya dapat diimplementasikan ke dalam kegiatan yang ada di lembaga. PPL ini diharapkan dapat membentuk tenaga pendidik yang memiliki pengalaman, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang patut untuk diterapkan dalam kegiatan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta telah dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2015 sampai 4 September 2015 yang berlokasi di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta dengan beranggotakan 15 mahasiswa. Kegiatan ini diawali dengan observasi ke Lembaga tersebut untuk menyesuaikan jadwal dan proker yang telah diajukan. Program Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan terdiri dari program kegiatan kelompok dan program kegiatan individu. Program kegiatan kelompok yaitu Lomba HUT RI 70, Upacara Peringatan HUT RI 70, Penataan Lab, Pembuatan Papan Penunjuk Arah, Inventarisasi Aset BMN, dan Peringatan UU Keistimewaan Yogyakarta. Program kegiatan individu antara lain Pembuatan Video Profil LPMP, Penilaian Pretest dan Postest Asesor Gunung Kidul, pengelolaan Database Diklat Cakepsek Papua dan Jateng, Analisis Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS), Posterisasi, Workshop dan Diklat Kepala Sekolah Kabupaten Tambrauw Papua. Proker individu yang telah kami laksanakan adalah, pemetaan mutu supervisi, dan proker pendamping kami yaitu Inventarisasi aset BMN. Semua program kerja individu berjalan lancar sesuai dengan harapan, meskipun ada beberapa kendala atau hambatan namun dapat kami diatasi. Proker individu kami yang paling pokok adalah pemetaan mutu supervisi, yaitu dengan membuat laporan analisis hasil evaluasi diri sekolah setiap kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil evaluasi diri dianalisis untuk mendapatkan peta mutu kinerja sekolah dalam mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan (SNP) khususnya Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), serta Standar Pengelolaan Pendidikan, mengidentifikasi aspek-aspek implementasi standar yang masih dapat ditingkatkan, dan menyusun rekomendasi program peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: LPMP, Diklat, Seksi, Program Kerja
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35703

Actions (login required)

View Item View Item