LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 Lokasi: SMP Negeri 4 Depok Alamat: Jalan Babarsari, Catur Tunggal, Depok, Sleman

Adhi Kurnianto, Adhi Kurnianto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 Lokasi: SMP Negeri 4 Depok Alamat: Jalan Babarsari, Catur Tunggal, Depok, Sleman. laporan ppl.

[img] Text
LAPORAN KELOMPOK PPL LOKASI SMP N 4 DEPOK.rar

Download (335MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan yang lebih sering disingkat dengan PPL merupakan mata kuliah yang wajib tempuh bagi seluruh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta, yang mempunyai bobot 3 SKS. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk menetapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai bidang studinya masing-masing sehingga mahasiswa memiliki pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga akademis kependidikan. Harapan yang ingin dicapai adalah mahasiswa dapat meningkatkan pengertian, pemahaman dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah. Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan terhitung sejak 10 Agustus sampai 12 September 2015, yang berlokasi di SMP Negeri 4 Depok.. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu dua kelas per minggu yakni kelas VIII A dan VIII B. Jumlah jam sebanyak dua jam pelajaran per kelas, dengan waktu petemuan dua kali dalam satu minggu. Adapun kegiatan pendampingan praktik mengajar rekan PPL satu jurusan sebanyak dua kelas yakni kelas VIII C dan VIII B. Pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari hambatanhambatan. Namun demikian praktikan berusaha sebaik mungkin untuk dapat meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan PPL, sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar dan sesuai dengan program.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:22
Last Modified: 30 Jun 2016 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35701

Actions (login required)

View Item View Item