LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

Putrika Rahajeng S., Putrika Rahajeng S. (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL PUTRIKA RAHAJENG SIDOWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan program kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa agar siap masuk dalam dunia kerja. Kegiatan ini mempersyaratkan kemampuan aplikatif dan terpadu seluruh pengalaman belajar kedalam program latihan berupa kinerja dan kompetisi dalam suatu hal yang berkaitan dengan jabatan dan profesionalisme keguruan, baik kegiatan mengajar maupun kegiatan bukan mengajar. Teknologi pendidikan merupakan suatu kajian ataupun praktik dalam meningkatkan kinerja dalam merancang, mengembangkan, memanfaatkan, mengevaluasi, serta mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Pada program ini, mahasiswa Teknologi Pendidikan memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensinya di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai lokasi praktik. Di lembaga tersebut, mahasiswa dapat membahaskan ide-ide dan pemikirannya yang telah dikuasainya, sehingga kehadiran para vii mahasiwa dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. Segala hal yang akan dilakasanakan mahasiswa di LPMP D.I.Yogyakarta sebagaimana telah tercantum di dalam perencanaan program. Kegiatan PPL oleh mahasiswa PPL Teknologi Pendidikan bekerjasama dengan LPMP D.I. Yogyakarta telah dilaksanakan dari tanggal 3 Agustus sampai 4 September 2015 di LPMP D.I.Yogyakarta. Pelaksanaan PPL ini diisi dengan berbagai program kelompok maupun program individu yang telah disetujui oleh pembimbing baik dari UNY dan pembimbing dari LPMP D.I.Yogyakarta. Di dalam pelaksanaan program ini, tentunya terdapat persiapan yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan dan disusul dengan analisis hasil dari program yang telah dijalankan. Program kelompok yang telah berhasil dijalankan meliputi program kelompok yaitu kegiatan penataan laboratorium dan kegiatan peringatan HUT RI ke-70, sedangkan program individu yang telah dilaksanakan adalah pendampingan diklat. Dari analisis hasil dan refleksi dapat disimpulkan bahwa program kerja yang dilaksanakan oleh praktikan telah berhasil dengan baik dan memberi manfaat bagi mahasiswa sendiri maupun lembaga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Teknologi Pendidikan, LPMP D.I.Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35696

Actions (login required)

View Item View Item