LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 DEPOK

Gita Puspita Asri, Gita Puspita Asri (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN KELOMPOK PPL LOKASI SMP N 4 DEPOK.rar

Download (335MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Depok , penyusun diberi kepercayaan untuk mengajar kelas IX C dan IX D Materi teori terdiri dari pengertian, sejarah dan fungsi musik mancanegara di Asia, elemen-elemen musik, pengertian aransemen musik. Materi Praktek meliputi menyanyikan lagu “Amayadori” dan memainkan bentuk aransemen lagu “Kokoro No Tomo” dan lagu bebas dalam bentuk kelompok. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35691

Actions (login required)

View Item View Item