Mega Indri Paksi, Mega Indri Paksi (2015) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/MAGANG III DI SMP NEGERI 4 DEPOK, SLEMAN 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 Alamat: Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
LAPORAN KELOMPOK PPL LOKASI SMP N 4 DEPOK.rar Download (335MB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Depok , praktikan melakukan praktik mengajar secara terbimbing di kelas VIII. Praktikan diberi kepercayaan untuk mengajar kelas VIII A, VIII B dan VIII D. Pembelajaran terdiri dari materi bab 2 tentang permasalahan kependudukan yang membahas tentang kuantitas penduduk Indonesia, komposisi (susunan) penduduk, serta cara penanggulangan permasalahan penduduk. Dan materi bab 3 tentang permasalahan lingkungan hidup, yang membahas tentang pengertian lingkungan hidup, pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan, kerusakan lingkungan hidup serta upaya pelestarian lingkungan hidup. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 21 kali. Selama PPL, praktikan juga menyusun program-program agar pelaksanakan PPL berjalan lancar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMP N 4 Depok, mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 03:30 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35673 |
Actions (login required)
View Item |