LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/MAGANG III DISMP NEGERI 4 DEPOK, SLEMAN 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

ANISAH, ANISAH (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/MAGANG III DISMP NEGERI 4 DEPOK, SLEMAN 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. laporan ppl.

[img] Text
LAPORAN KELOMPOK PPL LOKASI SMP N 4 DEPOK.rar

Download (335MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP N 4Depok mulai tanggal 10 Agustus s/d 12 September 2015. PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Dalam Praktik Bimbingan dan Konseling, praktikan akan program kerja yaitu layanan dasar berupa bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan yaitu pribadi, belajar dan karir, lalu Layanan Orientasi bertujuan agar peserta didik dapat memahami dan menyesuaikan diri dengan kelas baru, terutama dengan kegiatan belajar mengajar terkait keterbatasan waktu karena banyak waktu yang efektif digunakan untuk kegiatan pendalaman materi dari Dikpora kabupaten dan provinsi , tes uji coba dari sekolah. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP N 4 Depok, praktikan melaksanakan layanan dasar berupa bimbingan klasikal dengan delapan materi yang berbeda di dalam bidang pribadi, belajar dan karir. Pengalaman yang diperoleh praktikan selama pelaksanaan PPL ini meliputi pengalaman pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan klasikal meliputi bimbingan, pribadi, belajar dan karir. Layanan informasi berupa leaflet berhasil dilaksanakan dan diberikan kepada pihak sekolah. Layanan responsif berupa konseling individual, konseling kelompok, dan kolaborasi terhadap peserta didik. Dari pemberian bimbingan klasikal tersebut praktikan mendapat kesempatan untuk belajar menghadapi siswa dari berbagai macam latar belakang dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu praktikan juga belajar bersosialisasi, berinteraksi dan bekerja sama dengan seluruh guru maupun karyawan yang ada di SMP N 4 Depok. Dalam hal tersebut praktikan belajar untuk menjadi seorang konselor sekolah yang profesional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 4 Depok, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 30 Jun 2016 03:20
Last Modified: 30 Jun 2016 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35669

Actions (login required)

View Item View Item