LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN Gedongan, Sumberagung, Moyudan, Sleman, Yogyakarta 55563 Telp. (0274) 6497202, Fax. (0274) 798278

Yazid Afifudin Abror, Yazid Afifudin Abror (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN Gedongan, Sumberagung, Moyudan, Sleman, Yogyakarta 55563 Telp. (0274) 6497202, Fax. (0274) 798278. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7. LAPORAN INDIVIDU PPL YAZID AFIFUDIN ABROR _ 12520244008.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh yang diambil oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang merupakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tujuan dari PPL itu sendiri adalah 1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan menggembangkan kompetensi perguruan atau pendidikan, 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga baik yang terkait proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan, 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan, 4) Memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, 5) Meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan Pemerintah daerah sekolah dan lembaga terkait. Program kerja yang telah dilaksanakan merupakan suatu usaha dalam rangka mewujudkan tujuan-tujuan tersebut. Lokasi kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yang beralamat di Gedongan, Sumberagung, Moyudan, Sleman. Kegiatan PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 yang diawali dengan sosialisasi dan koordinasi, observasi ke lokasi, serta identifikasi permasalahan. Dalam praktik mengajar (PPL) setiap mahasiswa mendapat tugas dari pembimbing masing-masing. Adapun mata pelajaran yang diampu oleh praktikan adalah sistem operasi jaringan dan rancang bangun jaringan. Pelaksanaan program PPL 2015 yang berlangsung tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 berjalan lancar, meskipun tidak lepas dari kendala-kendala yang dihadapi. Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa keguruan sebagai bekal untuk menjadi seorang tenaga kependidikan yang professional. Persiapan fisik, mental dan materi sangat diperlukan dalam kegiatan mengajar. Kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan khususnya kelas XI A & B TKJ yang dipegang praktikan dapat berjalan dengan baik sesuai rencana, meskipun ada beberapa hambatan dan kendala dalam pelaksanaannya. Hubungan antara seluruh komponen sekolah dengan praktikan berjalan baik. Adapun yang dapat disimpulkan dari kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yaitu: 1) Sarana untuk menerapkan ilmu yang telah vii diperoleh di bangku kuliah; 2) Sarana untuk menimba ilmu dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku kuliah; 3) Dapat memperluas wawasan tentang tenaga pendidik, kegiatan persekolahan dan kegiatan lain yang dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah; 4) Mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab Guru secara nyata; 5) keberhasilan proses belajar mengajar tergantung kepada unsur utama yaitu Guru dan Murid dengan sarana dan prasarana pendukung yang ada disekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, Kurikulum 2013, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 03:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35667

Actions (login required)

View Item View Item