LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN Gedongan, Sumberagung, Moyudan, Sleman, Yogyakarta 55563 Telp. (0274) 6497202, Fax. (0274) 798278

Tri Mardhiyana, Tri Mardhiyana (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN Gedongan, Sumberagung, Moyudan, Sleman, Yogyakarta 55563 Telp. (0274) 6497202, Fax. (0274) 798278. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
4. LAPORAN INDIVIDU PPL TRI MARDIANA 14511247018 PT. BOGA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapongan (PPL) adalah bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. SMK Muhammadiyah 1 Moyudan sebagai salah satu lokasi PPL semester khusus 2015/2016. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka PPL di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan antara lain: observasi lingkungan pembelajaran di kelas dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar, pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar di kelas, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Mengenai mata pelajaran yang diajarkan sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasai, yaitu Ilmu Gizi. Kegiatan PPL meliputi mengajar di kelas, pembuatan Rencana Pembelajaran, Pembuatan Media Pengajaran, Pelaksanaan penilaian. Dalam pelaksanaan PPL melaksanakan mengajar secara resmi minimal 4 kali, maksimal 6 kali dalam 5 minggu, yaitu mengajar di kelas X, dalam 1 minggu mengajar selama 1 kali tatap muka yang dilaksanakan selama 5 minggu, setiap minggunya sebanyak 5 jam pelajaran (5 x 45 menit). Rencana Pembelajaran dibuat untuk kelas X dibuat dalam format menggunakan sistem Kurikulum 2013.. Berdasarkan pelaksanaan tugas praktik mengajar yang telah dilakukan mahasiswa PPL dapat menarik kesimpulan sebagai berikut : (1)Praktik mengajar telah memberikan pengetahuan tersendiri bagi mahasiswa PPL dalam menghadapi siswa yang memiliki beragam karakter, latar belakang dan kemampuan masing-masing. (2)Mahasiswa PPL memperoleh pengalaman mengajar secara langsung dan nyata tentang kondisi kelas tentang bagaimana mengelola kelas dengan sifat murid yang berbeda-beda dan juga metode penyampaian materi yang tepat agar materi mudah diserap siswa. (3)Mahasiswa PPL juga dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatnya dibangku perkuliahan dan sumber belajar lainnya ke dalam praktik mengajar yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. (4)Kegiatan partisipasi yang dilakukan mahasiswa PPL memberikan pengalaman mahasiswa tentang bagaimana tata cara atau etika bersosialisasi dengan semua warga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMK Muhammadiyah 1 Moyudan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35663

Actions (login required)

View Item View Item