Hubungan Pengajaran Mikro dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Kompetensi Profesional Mahasiswa Calon Guru PKn di LPTK se DIY

Fuad, Varidlo (2016) Hubungan Pengajaran Mikro dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Kompetensi Profesional Mahasiswa Calon Guru PKn di LPTK se DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-varidlo-fuad-14730251016.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hubungan pengajaran mikro dengan kompetensi profesional mahasiswa calon guru PKn di LPTK se DIY, (2) untuk mengetahui hubungan PPL dengan kompetensi profesional mahasiswa calon guru PKn di LPTK se DIY, dan (3) untuk mengetahui hubungan pengajaran mikro dan PPL dengan kompetensi profesional mahasiswa calon guru PKn di LPTK se DIY. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 semester 7 atau yang sudah menempuh mata kuliah pengajaran mikro dan PPL pada Program Studi PKn di LPTK se DIY (UNY, UAD, UPY, dan UCY). Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik pengambilan tersebut diperoleh sampel berjumlah 140 mahasiswa dari empat program studi PKn yang ada di LPTK DIY. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa S1 Program Studi PKn dan dokumentasi terkait perangkat perkuliahan pengajaran mikro dan PPL di setiap Program Studi PKn di DIY. Sebelum dilakukan pengambilan data, instrumen penelitian telah divalidasi oleh ahli lalu diuji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan uji bivariate dengan tingkat signifikasi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengajaran mikro dengan kompetensi profesional mahasiswa calon guru PKn di LPTK se DIY. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai r_hitung lebih besar dari r_tabel (0,573>0,159) dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara PPL dengan kompetensi profesional mahasiswa calon guru PKn di LPTK se DIY. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai r_hitung lebih besar dari r_tabel (0,755>0,159) dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengajaran mikro dan PPL dengan kompetensi profesional mahasiswa calon guru PKn di LPTK se DIY. Hal ini dibuktikan dari nilai F_hitung lebih besar dari F_tabel (96,294>3,06) dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin baik pengajaran mikro dan PPL yang dilakukan oleh mahasiswa calon guru PKn, maka semakin baik kompetensi profesional mahasiswa calon guru PKn.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengajaran mikro, PPL, kompetensi profesional
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:56
Last Modified: 09 May 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35658

Actions (login required)

View Item View Item