Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Buatan MGMP Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PPKn SMP Kabupaten Kudus

Charismana:, Dian Satria (2016) Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Buatan MGMP Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PPKn SMP Kabupaten Kudus. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-satria-charismana-14701251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kualitas perangkat tes Ujian Akhir Semester (UAS) PPKn SMP kelas VIII pada kurikulum 2013 yang digunakan di Kabupaten Kudus, 2) menentukan jumlah butir soal UAS mata pelajaran PPKn tingkat SMP kelas VIII pada kurikulum 2013 di Kabupaten Kudus yang dapat direkomendasikan dalam persiapan bank soal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data respon siswa dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling terbagi atas kelas prestasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Jumlah respon terhadap perangkat tes yang terdiri dari tiga bentuk soal yaitu, pilihan ganda, isian singkat, dan uraian sebanyak 672 siswa. Teknik analisis data meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif dilakukan oleh lima penelaah berdasarkan aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis secara kuantitatif dilakukan dengan teori tes klasik melalui program komputer Iteman dan teori respon butir melalui program komputer Bilog MG pada bentuk soal pilihan ganda dan isian singkat, sedangkan program komputer Winsteps (Model Rasch) pada bentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butir soal perangkat tes UAS PPKn SMP kelas VIII di Kabupaten Kudus pada kurikulum 2013 secara kualitatif dari 35 butir soal didapatkan 31 butir soal dinyatakan baik dan 4 butir soal dinyatakan tidak baik berdasarkan aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis secara kuantitatif berdasarkan teori tes klasik menghasilkan sebanyak 25 (71,42%) butir soal tergolong baik dan 10 (57%) butir soal tergolong tidak baik. Berdasarkan teori respon butir menghasilkan sebanyak 24 (68,57%) butir soal tergolong baik dan 11 (31,42%) butir soal tergolong tidak baik. Besarnya indeks korelasi Phi menggunakan bantuan tabel kontingensi hasil analisis berdasarkan teori tes klasik dan teori respon butir memberikan nilai penafsiran korelasi yang rendah sebesar 0,25. Hasil analisis keseluruhan secara kualitatif (teoritis) dan kuantitatif (empiris) terhadap perangkat tes UAS PPKn SMP kelas VIII di Kabupaten Kudus pada kurikulum 2013 diperoleh sebanyak 15 butir soal yang terdiri dari 8 butir soal pilihan ganda, 5 butir soal isian singkat, dan 2 butir soal uraian dapat direkomendasikan ke dalam persiapan bank soal

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tes ujian akhir semester, analisis butir soal, bank soal
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:48
Last Modified: 08 Mar 2022 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35655

Actions (login required)

View Item View Item