Pengembangan Buku Pengayaan Materi Biomolekul sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Pengetahuan Kimia dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA/MA

Nugraheni, Anggiyani Ratnaningtyas Eka (2012) Pengembangan Buku Pengayaan Materi Biomolekul sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Pengetahuan Kimia dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anggiyani-ratnaningsih-eka-nugraheni-10708251039.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan buku pengayaan materi biomolekul untuk peserta didik kelas XII, 2) mengetahui kualitas buku pengayaan materi biomolekul untuk SMA/MA berdasarkan kriteria standar mutu buku pengayaan pengetahuan dan 3) mengetahui apakah penggunaan buku pengayaan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan pengetahuan kimia dan kemandirian belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada 10 langkah utama yang dikembangkan oleh Borg & Gall, namun penelitian ini hanya melaksanakan langkah 1-7 (studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft buku pengayaan dan validasi, uji terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan). Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Sedayu dan sejumlah 40 orang dengan rincian: 10 peserta untuk uji coba terbatas dan 30 peserta didik untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) buku pengayaan yang dikembangkan ditinjau dari variabel kualitas materi, kualitas penyajian, dan kualitas media menurut ahli, berkategori sangat baik; 2) respon peserta didik terhadap buku pengayaan yang dikembangkan berkategori baik; 3) pembelajaran dengan buku pengayaan yang dikembangkan dapat meningkatkan pengetahuan kimia dan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, pengetahuan kimia, kemandirian belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:17
Last Modified: 29 Jan 2019 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35640

Actions (login required)

View Item View Item