LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI Dusun Samberembe, Desa Selomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman.

Taru Ajeng Riyadi, Taru Ajeng Riyadi (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI Dusun Samberembe, Desa Selomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan dan melaksanakan program yang berkaitan dengan peserta didik maupun sekolah. Dalam hal ini mahasiswa juga diharapkan untuk dapat saling bekerjasama dengan guru. Dalam praktek pembelajaran, yang menjadi subyek didik yaitu Elbert Suryahadi kelas 3 SDLB. Subyek didik mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi dan memiliki artikulasi yang belum jelas. Tujuan dari materi pembelajaran yang diberikan adalah agar siswa dapat membaca kata/ kalimat sederhana dan memahami kata/ kalimat yang ia sampaikan dan anak dapat melipat baju dan celananya secara mandiri. Perumusan Program Kurikuler meliputi: Penyusunan RPI, Konsultasi dengan Guru Pembimbing, Persiapan Pelaksanaan Mengajar, Mempersiapkan media dan alat pembelajaran, Praktik Mengajar, Evaluasi kegiatan pembelajaran, dan Menyusun laporan PPL pada akhir kegiatan PPL. Dari program kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, terdapat hambatan yang diperoleh ketika praktik mengajar di lapangan, hambatan yang diperoleh yaitu antara lain: memusatkan konsentrasi selama instruksi dan masih kesulitan dalam memperbaiki artikulasi. Perbedaan teori yang diperoleh pada saat perkuliahan dengan kenyataan dilapangan membuat mahasiswa harus dapat berpikir secara kritis dan dapat mengambil keputusan dan tindakan secara tepat, serta meningkatkan ketegasan dalam memberikan konsekuensi kepada anak agar anak tidak mengulangi perbuatannya yang salah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SLB Autis Citra Mulia Mandiri
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35629

Actions (login required)

View Item View Item