LAPORAN KEGIATAN PPL DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN

Setyo Purwoko, Setyo Purwoko (2015) LAPORAN KEGIATAN PPL DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Setyo Purwoko.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman mulai dari 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 yang diawali dengan observasi untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di Dinas atau hal yang mungkin masih bisa dikembangkan.. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata pengelolaan lembaga pendidikan yang ada di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. Dengan adanya PPL mahasiswa dapat mensinkronkan dan atau mengimplementasikan teori-teori yang didapat dari Kampus. Pada PPL I Mahasiswa diminta untuk membuat suatu program yang akan direalisasikan dalam pelaksanaan PPL II, program yang dibuat adalah program baru yang diharapkan dapat membantu dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi Dinas dalam melaksanaan Pengelolaan pendidikan, mengembangkan Lembaga, serta memunculkan inovasi untuk kedepannya. Program pelaksanaan PPL yang dirancang meliputi : Program Utama PPL, Program Penunjang, dan Program Tambahan. Program Utama berjudul Analisis Kinerja Guru setelah mendapatka tunjangan profesi, Program penunjangnya adalah Entri data PKG Sumatif tahun 2015, kemudian program tambahan adalah kegiatankegiatan Dinas yang rutin maupuan tidak rutin dilaksanakan dalam melaksanakan pengelolan lembaga pendidikan. Pada PPL kali ini mahasiswa telah merumuskan program Utama yang berjudul “Analisis Penilaian Kinerja Guru setelah mendapatkan tunjangan profesi”. Program ini bertujuan untuk melihat perkembangan kinerja guru setelah mendapatkan tunjangan profesi. Analisis Kinerja Guru SD sekabupaten Sleman setelah mendapatkan tunjangan profesi adalah suatu program yang menggambarkan bagaimana perkembangan Kinerja guru yang dilihat dalam bentuk konversi nilai melalui Penilaian Kinerja Guru (PKG), Melihat perbandingan PKG sebelum guru mendapatkan tunjangan profesi dan setelah mereka mendapatkan tunjangan profesi. Mahasiswa yang bersangkutan melaksanakan PPL merencanakan pendataan Penilaian Kinerja Guru (PKG) khususnya jenjang Sekolah Dasar dengan dibantu kepala seksi SD bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa PPL dalam merefleksikan program adalah sebagai berikut : Pemantapan program koordinasi dan konsultasi; mebuat Instrumen Analisis PKG, mengumpulkan data, merekapap data Guru, memasukkan data kedalam Form analisis PKG, menganalisa perkembangan, dan menyimpulkan hasil analisis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Analisis Kinerja Guru SD sekabupaten Sleman setelah mendapatkan tunjangan profesi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35610

Actions (login required)

View Item View Item