LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 LOKASI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN

DIAH PURNAMA SARI, DIAH PURNAMA SARI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 LOKASI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Diah Purnama S.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu bentuk nyata dari perguruan tinggi untuk memberdayakan mahasiswa sesuai ketrampilan dan pengetahuan yang telah didapat selama kuliah. Mahasiswa memiliki andil yang besar dalam peningkatan suatu lembaga agar mampu melakukan pembenahan ataupun pengembangan sesuai program yang diadakan suatu lembaga. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kabupaten Sleman merupakan salah satu lembaga yang bekerjasama dengan UNY sebagai tempat Praktik Pengalaman Kerja. Didalam Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga terdapat tugas yaitu melayani masyarakat yaitu membantu segala keluhan dari masyarakat dengan cara memberikan pelayanan yang optimal. Pelayanannyapun juga mampu memberikan informasi yang akurat. Dinas pendidikan pemuda dan olahraga memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai kantor. Setiap dinas memiliki tugas yang dapat bermanfaat bagi yang akan dilakukan, seberapa besar dinas yang lakukan. Di dinas pendidikan pemuda dan olahraga memiliki program-program yang akan memajukan pendidikan di sleman. Pendidikan di sleman selama ini harus mengetahui apa aja yang akan dilaksanakan oleh para pegawai mengingat masing-masing pegawai diberi tanggungjawab yang sudah dikelompokkan berdasarkan kemampuannya. Dinas pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten sleman memiliki beberapa rancangan program dan kegiatan. Selain itu juga pegawai yang ada di dinas dibagi menjadi 5 bidang yang berbeda-beda dan kesekretariatan.Permasalahan perencanaan program ini berawal dari ketidaksesuaian data yang ada antara kenyataan dan pendataan. Kebanyakan pihak sekolah membuat data yang kurang valid dengan apa yang dimilikinya. Tidak valid dalam arti yaitu kursi guru yang dari tahun ke tahun hanya berjumlah 0 (nol) buah. Padahal setelah dianalisis kebutuhan kursi tersebut sudah direncanakan. Namun dalam pengadaannya justru tidak tepat sasaran. Sekolah yang perlu kebutuhan sarpras justru belum mengalami perubahan dari tahun ketahun. Hal tersebut membuat permasalahan yang harus diteliti. Keganjalan-keganjalan yang telah terlihat butuh dipastikan dengan suatu pendataan secara menyeluruh di Sekolah Dasar sekabupaten Sleman ini. Maka membutuhkan suatu analisis secara nyata dan jelas dari tahun ke tahun.Dalam pelaksanaan program kerja di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman diperlukan suatu pengorganisasian yang bertujuan untuk mempermudah jalannya program kerja yang ada. Terdapat 5 bidang yang mempunyai tugas masing-masing. Salah satunya bidang sarana prasarana yang mengurusi segala sesuatu yang berkaitan dengan sarana prasarana di sekolah kabupaten Sleman, baik untuk pendidikan dasar maupun menengah. Bidang sarana prasarana untuk pendidikan menengah dibagi menjadi dua yaitu, bidang sarana prasarana SMP dan bidang sarana prasarana untuk SMP. Dari hasil observasi di bidang sarana prasarana SMP maka penulis memfokuskan pada Optimalisasi Pendataan Tentang Keadaan Sarana dan Prasarana SMP di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana SMP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35607

Actions (login required)

View Item View Item