LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN

Ayu Istikomalah, Ayu Istikomalah (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ayu Istikomalah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa kependidikan sebagai sarana untuk mengabdikan dan mempratikkan ilmu yang diperoleh selama kuliah di lembaga pendidikan yang sebenarnya. Melalui PPL, mahasiswa mengasah diri sesuai kompetensi program studi dan jurusan masing-masing dalam hal pembelajaran dan manajerial di dinas pendidikan, guna melatih dan mengembangkan pengetahuan tentang Jalannya suatu manajemen di sebuah kantor atau lembaga, juga memberi kesempatan mahasiswa untuk mengamati, mempelajari, dan memberikan solusi permasalahan–permasalahan yang ada di dinas.. Kegiatan PPL di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus hingga berakhir pada 12 September 2015. Rancangan program PPL meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi akhir. Sebelum mengikuti kegiatan PPL, mahasiswa terlebih dahulu harus lulus Pembelajaran Program PPL 1 dan Microleading. Mahasiswa kemudian melakukan observasi kegiatan di kantor, mempersiapkan rancangan Program, melaksanakan Program, melaksanakan evaluasi, dan menyusun laporan akhir. Dalam proses persiapan yang didalamnya mencakup proses observasi, mahasiswa dituntu untuk menemukan suatu masalah atau temuan, dan kemudian mencari solusi atas permasalahan tersebut. Bidang kesekretariatan umum merupakan salah satu bidang yang ada di Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga kabupaten Sleman yang didalamnyapun memiliki beberapa subbagian yaitu Umum, Kepegawaian, Perencanaan dan Keuangan. Bagian ini bisa disebut juga sebagai bagian kerumahtanggan Dikpora Sleman. Untuk itu, dalam setiap kegiatannya harus ada suatu pedoman atau acuan yang mengatur setiap pekerjaan yang ada, sehingga segala kegiatan dalpat terkelola dengan baik dan lancar. Oleh sebab itu, penulis membuat suatu program yang berkaitan dengan hal prosedural kerumahtanggan di Dikpora Sleman ini, yaitu Standar Operasional Prrosedur (SOP). Dalam pelaksanaanya, ada beberapa Standar Operasional Prosedur yang dibuat, yaitu SOP tentang Pemeliharaan ruang rapat, Ijin Belajar Pegawai, Penyusunan RAPBS, dan Pelayanan Tamu. Hal ini juga dibuat kerena menyesuaikan kebutuhan dan untuk mengurai permasalahan dari bidang itu sendiri. SOP mulai disusun dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan peneyelesaian. Secara keseluruhan, kegiatan PPL di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman selama lima minggu dapat berjalan dengan lancar dan sepenuhnya terlaksana dengan baik, dan dengan harapan yang besar bahwa hasil program yang telah dibuat dalam praktik pengalaman lapangan ini dapat bermanfaat bagi Dinas khusunya dan dapat terus digunkan untuk kebaikan Dinas itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35605

Actions (login required)

View Item View Item