PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA KELAS XI IPS 3 SMA N 1 KARANGDOWO TAHUN AJARAN 2015/2016

MAYASARI, ENDAH (2016) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA KELAS XI IPS 3 SMA N 1 KARANGDOWO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
UNDERGRADUATE THESIS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengembangkan video pembelajaran untuk mata pelajaran akuntansi, yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada kelas XI IPS di SMA N 1 Karangdowo, (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran untuk mata pelajaran akuntansi di SMA N 1 Karangdowo sehingga layak diterapkan sebagai media pembelajaran, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan video pembelajaran. Pengembangan video pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi di SMA N 1 Karangdowo ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development yang menghasilkan video pembelajaran untuk mata pelajaran akuntansi dengan durasi video selama 30 menit. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode milik Dick dan Carry (1996), yang meliputi 5 langkah pengembangan, yaitu (1) analisis (analysis), (2) desain (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi, (implementation) dan (5) evaluasi (evaluation). Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk video pembelajaran yang telah diuji kelayakannya oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 1 praktisi pembelajaran Akuntansi dan 31 peserta didik. Keseluruhan hasil uji coba menunjukkan hasil yang Sangat Baik yaitu memperoleh kategori Sangat Layak dengan rincian : (1) uji ahli materi mendapatkan hasil rerata 4.8 yaitu dikategorikan Sangat Layak, (2) uji ahli media mendapatkan hasil rerata 4.75 yaitu dikategorikan Sangat Layak, (3) uji praktisi mendapatkan hasil rerata 4.19 yaitu dikategorikan Sangat Layak, (4) uji peserta didik mendapatkan hasil rerata 4.42 yaitu dikategorikan Sangat Layak. Dengan demikian media video pembelajaran akuntansi Sangat Baik dan Sangat Layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Pada uji Independent Sample T-Test diperoleh peningkatan skor kelas eksperimen sebesar 35.00 sedangkan peningkatan skor kelas kontrol sebesar 19.82 sehingga diketahui peningkatan skor hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi 15.179 dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan thitung > ttabel (4.557 > 2.012) dan nilai signifikansinya kurang dari 0.05 (p= 0,000< 0.05) sehingga kesimpulannya adalah Pengembangan Media Video Akuntansi dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 29 Jun 2016 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 09:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35594

Actions (login required)

View Item View Item