EVALUASI IMPLEMENTASI KEGIATAN PENJAMINAN MUTU PEMBELAJARAN KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Desi Arafatun Na’mah, Desi (2016) EVALUASI IMPLEMENTASI KEGIATAN PENJAMINAN MUTU PEMBELAJARAN KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
UNDERGRADUATE THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji tentang Evaluasi Implementasi Kegiatan Penjaminan Mutu Pembelajaran yang dilihat dari segi upaya-upaya yang dilakukan untuk menjamin mutu pembelajaran, faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan penjaminan mutu pembelajaran kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru kelas XI. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya-upaya yang dilakukan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta untuk menjamin mutu pembelajaran kelas XI adalah penyusunan perangkat pembelajaran, supervisi kelas, sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, mengadakan workshop-workshop, evaluasi kegiatan pembelajaran, dan pemantauan proses pembelajaran oleh Kepala Sekolah. (2) Faktor yang mendukung implementasi kegiatan penjaminan mutu pembelajaran kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah fasilitas sekolah, keterlibatan guru dan peserta didik saat sedang melaksanakan proses pembelajaran ketika di kelas, pemberian motivasi atau teguran dari guru kepada siswa, koordinasi antara orang tua dari siswa kelas XI dengan pihak sekolah, rapat evaluasi antara kepala sekolah dengan komite sekolah, pertemuan rutin antara kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan Dikdasmen baik daerah atau wilayah. Faktor yang menghambat implementasi kegiatan penjaminan mutu pembelajaran kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah guru masih beranggapan bahwa guru merupakan sumber ilmu, masih ada guru yang kurang luas wawasannya dan belum mempersiapkan materi pelajaran dengan baik, guru masih kesulitan dalam membuat laporan hasil evaluasi hasil belajar, tidak terjadinya kerjasama dari wali kelas, BK, antar guru sesama guru, dan orang tua, walaupun sudah menggunakan kurikulum 2013 tetapi pada kenyatannya guru masih harus senantiasa memotivasi para siswa pada saat jam mata pelajaran berlangsung, sikap para siswa kelas XI yang tergantung pada guru yang mengajar, mata pelajaran, waktu pelajaran, serta adanya kecenderungan bermain HP ketika guru sedang melaksanakan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penjaminan Mutu, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 29 Jun 2016 06:06
Last Modified: 30 Jan 2019 09:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35591

Actions (login required)

View Item View Item