LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 GAMPING

Tancang Samodra Satya Kuncara Aji, Tancang Samodra Satya Kuncara Aji (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 GAMPING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Gamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini berjumlah 26 mahasiswa. SMA Negeri 1 Gamping merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL Bimbingan dan Konseling pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL Bimbingan dan Konseling adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilaksanakan program PPL BK antara lain, 1) Layanan klasikal masuk kelas dengan metode ceramah, diskusi, games, pengisian kuosioner (angket). Sebelum melaksanakan layanan klasikal, praktikan menyusun need asessment yang diperoleh melalui hasil analisis Daftar Cek Masalah yang dilakukan dengan bekerja sama dengan PPL dari Perguruan tinggi lain serta hasil konsultasi dengan Guru pembimbing, 2) Layanan konseling individual diberikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan secara mandalam; 3) Layanan bimbingan kelompok 4) Selain memberikan layanan bimbingan dan konseling, praktikan juga melaksanakan himpunan data. Instrumen dan media BK yang digunakan meliputi angket Daftar Cek Masalah, poster papan bimbingan,x-banner dan kotak bimbingan. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPS 1, XII IPS 2 untuk layanan klasikal Bimbingan dan konseling. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 1 sampai 3 jam per minggu dengan jumlah tatap muka sebanyak 8 kali selama kegiatan PPL. Ditambah dengan 1 kali menyebar DCM, 3 kali observasi di kelas ketika guru pembimbing yang mengisi dan 13 kali pendampingan PPL UPY. Jadi total keseluruhan ada 25 kali pertemuan. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Gamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini berjumlah 26 mahasiswa. SMA Negeri 1 Gamping merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL Bimbingan dan Konseling pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL Bimbingan dan Konseling adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilaksanakan program PPL BK antara lain, 1) Layanan klasikal masuk kelas dengan metode ceramah, diskusi, games, pengisian kuosioner (angket). Sebelum melaksanakan layanan klasikal, praktikan menyusun need asessment yang diperoleh melalui hasil analisis Daftar Cek Masalah yang dilakukan dengan bekerja sama dengan PPL dari Perguruan tinggi lain serta hasil konsultasi dengan Guru pembimbing, 2) Layanan konseling individual diberikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan secara mandalam; 3) Layanan bimbingan kelompok 4) Selain memberikan layanan bimbingan dan konseling, praktikan juga melaksanakan himpunan data. Instrumen dan media BK yang digunakan meliputi angket Daftar Cek Masalah, poster papan bimbingan,x-banner dan kotak bimbingan. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPS 1, XII IPS 2 untuk layanan klasikal Bimbingan dan konseling. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 1 sampai 3 jam per minggu dengan jumlah tatap muka sebanyak 8 kali selama kegiatan PPL. Ditambah dengan 1 kali menyebar DCM, 3 kali observasi di kelas ketika guru pembimbing yang mengisi dan 13 kali pendampingan PPL UPY. Jadi total keseluruhan ada 25 kali pertemuan. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Gamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini berjumlah 26 mahasiswa. SMA Negeri 1 Gamping merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL Bimbingan dan Konseling pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL Bimbingan dan Konseling adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilaksanakan program PPL BK antara lain, 1) Layanan klasikal masuk kelas dengan metode ceramah, diskusi, games, pengisian kuosioner (angket). Sebelum melaksanakan layanan klasikal, praktikan menyusun need asessment yang diperoleh melalui hasil analisis Daftar Cek Masalah yang dilakukan dengan bekerja sama dengan PPL dari Perguruan tinggi lain serta hasil konsultasi dengan Guru pembimbing, 2) Layanan konseling individual diberikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan secara mandalam; 3) Layanan bimbingan kelompok 4) Selain memberikan layanan bimbingan dan konseling, praktikan juga melaksanakan himpunan data. Instrumen dan media BK yang digunakan meliputi angket Daftar Cek Masalah, poster papan bimbingan,x-banner dan kotak bimbingan. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPS 1, XII IPS 2 untuk layanan klasikal Bimbingan dan konseling. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 1 sampai 3 jam per minggu dengan jumlah tatap muka sebanyak 8 kali selama kegiatan PPL. Ditambah dengan 1 kali menyebar DCM, 3 kali observasi di kelas ketika guru pembimbing yang mengisi dan 13 kali pendampingan PPL UPY. Jadi total keseluruhan ada 25 kali pertemuan. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Gamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini berjumlah 26 mahasiswa. SMA Negeri 1 Gamping merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL Bimbingan dan Konseling pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL Bimbingan dan Konseling adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilaksanakan program PPL BK antara lain, 1) Layanan klasikal masuk kelas dengan metode ceramah, diskusi, games, pengisian kuosioner (angket). Sebelum melaksanakan layanan klasikal, praktikan menyusun need asessment yang diperoleh melalui hasil analisis Daftar Cek Masalah yang dilakukan dengan bekerja sama dengan PPL dari Perguruan tinggi lain serta hasil konsultasi dengan Guru pembimbing, 2) Layanan konseling individual diberikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan secara mandalam; 3) Layanan bimbingan kelompok 4) Selain memberikan layanan bimbingan dan konseling, praktikan juga melaksanakan himpunan data. Instrumen dan media BK yang digunakan meliputi angket Daftar Cek Masalah, poster papan bimbingan,x-banner dan kotak bimbingan. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPS 1, XII IPS 2 untuk layanan klasikal Bimbingan dan konseling. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 1 sampai 3 jam per minggu dengan jumlah tatap muka sebanyak 8 kali selama kegiatan PPL. Ditambah dengan 1 kali menyebar DCM, 3 kali observasi di kelas ketika guru pembimbing yang mengisi dan 13 kali pendampingan PPL UPY. Jadi total keseluruhan ada 25 kali pertemuan. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Gamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini berjumlah 26 mahasiswa. SMA Negeri 1 Gamping merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL Bimbingan dan Konseling pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL Bimbingan dan Konseling adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilaksanakan program PPL BK antara lain, 1) Layanan klasikal masuk kelas dengan metode ceramah, diskusi, games, pengisian kuosioner (angket). Sebelum melaksanakan layanan klasikal, praktikan menyusun need asessment yang diperoleh melalui hasil analisis Daftar Cek Masalah yang dilakukan dengan bekerja sama dengan PPL dari Perguruan tinggi lain serta hasil konsultasi dengan Guru pembimbing, 2) Layanan konseling individual diberikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan secara mandalam; 3) Layanan bimbingan kelompok 4) Selain memberikan layanan bimbingan dan konseling, praktikan juga melaksanakan himpunan data. Instrumen dan media BK yang digunakan meliputi angket Daftar Cek Masalah, poster papan bimbingan,x-banner dan kotak bimbingan. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPS 1, XII IPS 2 untuk layanan klasikal Bimbingan dan konseling. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 1 sampai 3 jam per minggu dengan jumlah tatap muka sebanyak 8 kali selama kegiatan PPL. Ditambah dengan 1 kali menyebar DCM, 3 kali observasi di kelas ketika guru pembimbing yang mengisi dan 13 kali pendampingan PPL UPY. Jadi total keseluruhan ada 25 kali pertemuan. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: BK, PPL, Program PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Jun 2016 06:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35590

Actions (login required)

View Item View Item