LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 GAMPING

Sri Edi Putro Santosa, Sri Edi Putro Santosa (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 GAMPING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Laporan ppl.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1 FIX.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Gamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini berjumlah 26 mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Kimia, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Fisika, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Biologi, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Matematika, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Sosiologi, 3 mahasiswa dari prodi Pendidikan Seni Rupa, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rohani, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Ekonomi, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Basa Jawa, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Bimbingan Konseling, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Geografi dan 1 mahasiswa dari prodi Pendidikan Sejarah. SMA Negeri 1 Gamping merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL Pendidikan Kimia pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL Pendidikan Kimia adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas XA, XB, XC dan XD untuk mata pelajaran Kimia. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 12 jam per minggu dengan jumlah tatap muka sebanyak 38 kali selama kegiatan PPL. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Jun 2016 05:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35589

Actions (login required)

View Item View Item