LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN AKADEMIK 2015/2016 SMP NEGERI 3 KALASAN

Laelatul Azizah, Laelatul Azizah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN AKADEMIK 2015/2016 SMP NEGERI 3 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. LAELATUL AZIZAH (12201244040) PBSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan se-Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan managemen sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan lain penulis melaksanakan PPL di SMP N 3 Kalasan adalah memberi kesempatan pada penuis untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2015. Selanjutnya, mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Dalam praktik mengajar, praktikan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VIII A dan VIII B dengan jumlah mengajar sebanyak 17 kali pertemuan, dengan 3 kali pertemuan sebagai evaluasi akhir. Sehingga selama PPL praktikan telah melakukan pengajaran berupa pemberian materi sebanyak 14 kali pertemuan. Dalam pelaksanaannya, praktikan juga mengalami kendala, di antaranya adalah peserta didik masih sering ribut sendiri, kurang konsentrasi dalam mengikuti pelajaran, dan terdapat peserta didik yang memiliki nilai santun yang sangat kurang. Akan tetapi, kendala tersebut dapat diatasi dengan cara memberikan perhatian khusus kepada peserta didik tersebut dan memberikan tugas. Praktikan senantiasa konsultasi dengan guru pembimbing untuk mendapatkan hasil yang baik. Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait. Setelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMP Negeri 3 Kalasan rata-rata kurang mempunyai kesungguhan belajar. Ada beberapa anak yang memang cukup aktif dan memiliki motivasi untuk terus belajar, tetapi ada pula anak yang kurang aktif dan cenderung malas serta sulit dikondisikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jun 2016 08:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35551

Actions (login required)

View Item View Item