LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 Lokasi: SMP Negeri 2 Mlati

Hida Mujahida Basori, Hida Mujahida Basori (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 Lokasi: SMP Negeri 2 Mlati. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL 2015 (HIDA 12416241060).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diambil oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. PPL merupakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tujuan dari PPL itu sendiri adalah 1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi perguruan atau pendidikan, 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga, baik yang terkait proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan, 3) meningkatkan kemampuan mahasiswa kependidikan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan, 4) memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, 5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pemerintah daerah sekolah dan lembaga terkait. Program kerja yang telah dilaksanakan merupakan suatu usaha dalam rangka mewujudkan tujuan-tujuan tersebut. Lokasi kegiatan PPL di SMP 2 Mlati terletak di Jalan Perkutut, Sinduadi, Mlati, Sleman Yogyakarta. Sebelum praktik mengajar, praktikan harus membuat langkah-langkah persiapan mengajar, seperti: pengajaran mikro, observasi ke sekolah, berdasarkan permasalahan yang ada maka diagendakan beberapa program PPL, pembekalan PPL, pelepasan dan penerjunan PPL, konsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat evaluasi hasil pembelajaran, seperti : soal latihan, soal tugas, soal tambahan pelajaran, mempersiapkan materi pembelajaran, dan pembuatan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain ceramah variasi, diskusi kelompok, dan Tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antaralain gambar, video, dan slide power point. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, diantaranya dalam pengelolaan kelas, peserta didik yang sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Akan tetapi hal ini bukanlah merupakan hambatan yang berarti karena memang perkembangan anak usia SMP sedang dalam proses pencarian jati diri. Pelaksanaan PPL berlangsung tanggal 10 Agustus hingga 12 September 2015, antara lain: Observasi di sekolah pada tanggal 10 Agustus 2015 di kelas VII A, pembekalan pada tanggal 4 Agustus 2015, pelapasan dan penerjunan PPL pada tanggal 10 Agustus 2015. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan kususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerjakeras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Mlati, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jun 2016 08:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35546

Actions (login required)

View Item View Item