LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 LOKASI : SMP NEGERI 2 MLATI

Rizki Siti Noviani, Rizki Siti Noviani (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 LOKASI : SMP NEGERI 2 MLATI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh 16 mahasiswa dari 8 Program Studi yang berbeda di SMP Negeri 2 Mlati, berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang utama adalah melakukan praktik mengajar. Selama pelaksanaan PPL, praktik mengajar telah dilakukan sebanyak 13 kali pertemuan pada 3 kelas, yaitu VII A, C, dan D. Pelaksanaan praktik mengajar mencakup materi besaran turunan dan konversinya, satuan baku dan tidak baku, latihan soal, pengamatan menggunakan mikroskop, keselamatan kerja di laboratorium, pengamatan ciri-ciri makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, dan ulangan harian. Media pendukung yang digunakan dalam pembelajaran antara lain LKPD, buku LKS kelas VII semester 1, slide power point, serta alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum. Pembelajaran berjalan dengan baik meskipun banyak kendala dan hambatan saat pelaksanaan PPL. Adanya kegiatan PPL ini, sehingga mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses karena adanya kerjasama dengan semua pihak. Setelah selesainya kegiatan PPL ini, diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Mlati, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jun 2016 07:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35541

Actions (login required)

View Item View Item