Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Desain untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA

Oktaviani, Nurmala Safitri (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Desain untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurmala-safitri-oktaviani-14726251042.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis desain yang layak digunakan dalam pembelajaran dan (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik dan keterampilan proses sains peserta didik dalam penerapan perangkat pembelajaran fisika berbasis desain. Penelitian pengembangan ini mengacu model yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan langkah-langkah meliputi (1) pengumpulan informasi, (2) perancangan, (3) pengembangan bentuk produk awal, (4) uji coba permulaan (5) revisi hasil uji coba permulaan, (6) uji coba terbatas, (7) revisi hasil uji coba terbatas, (8) uji coba lapangan, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 24 peserta didik kelas XI SMA N 1 Karangmojo. Subjek uji coba lapangan pada kelas ekperimen terdiri dari 24 peserta didik kelas XI MIA 3 dan pada kelas kontrol terdiri dari 24 peserta didik kelas XI MIA 1 SMA N 2 Wonosari. Pengumpulan data menggunakan soal untuk mengukur pemahaman konsep, lembar observasi keterampilan proses sains, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan uji Manova pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, handout, LKPD, TPK, lembar keterlaksanaan RPP, lembar keterampilan proses sains dan lembar angket respon peserta didik menurut ahli dan praktisi layak digunakan dengan kategori “sangat baik”. Penerapan perangkat pembelajaran fisika berbasis desain dapat terlaksana dengan baik dan sebagian besar peserta didik memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil uji Manova menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis desain berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains peserta didik dengan p < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran fisika berbasis desain, pemahaman konsep, keterampilan proses sains
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:11
Last Modified: 09 May 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35531

Actions (login required)

View Item View Item