Pengembangan Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Discovery learning Subtema Sumber Energi dalam Peningkatan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab peserta Didik Kelas III SDN 4 Krandegan

Arief, Budi Permana (2016) Pengembangan Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Discovery learning Subtema Sumber Energi dalam Peningkatan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab peserta Didik Kelas III SDN 4 Krandegan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arief-budi-permana-14712251046.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan buku ajar pada pembelajaran tematik integratif berbasis discovery learning subtema Sumber Energi kelas III SD Negeri 4 Krandegan yang layak, dan (2) mengetahui keefektifan buku ajar pada pembelajaran tematik integratif berbasis discovery learning subtema Sumber Energi kelas III SD Negeri 4 Krandegan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangannya meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draf produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) merevisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; (10) Diseminasi. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk buku ajar, lembar pengamatan motivasi belajar dan karakter tanggung jawab, angket motivasi dan karakter tanggung jawab, angket respon guru, angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan layak dan efektif. Kelayakan dapat dilihat dari aspek materi yang memperoleh skor 166 dengan kategori “baik”, aspek media memperoleh nilai 95 dengan kategori “sangat baik”, respon guru memperoleh nilai 69 dengan kategori “sangat baik”, respon peserta didik juga memperoleh 9,82 dengan kategori “sangat baik”. Keefektifan dapat dilihat dari observasi motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 memperoleh skor 18,67 dan 16,07, sedangkan observasi karakter tanggung jawab peserta didik kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 memperoleh skor 18,5 dan 15,78. Hasil angket motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 memperoleh skor 58,71 dan 60,5, sedangkan angket karakter tanggung jawab peserta didik kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 memperoleh skor 44,85 dan 45,21. Selain itu berdasarkan hasil uji beda motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan lembar observasi yang ditunjukkkan dengan adanya perbedaan nilai observasi awal-observasi akhir antara kelompok eksperimen (menggunakan buku ajar tematik integratif berbasis discovery learning) dan kelompok kontrol (menggunakan buku ajar dari pemerintah yang digunakan sebelumnya). Pada perbandingan 1 (eksperimen 1 dan kontrol) ditunjukkan dengan nilai t hitung = -6,899 lebih besar dari t tabel = -2,056 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000, sedangkan pada perbandingan 2 (eksperimen 2 dan kontrol) ditunjukkan dengan nilai t hitung = -6,067 lebih besar dari t tabel = -2,056 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Selanjutnya, kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 memiliki perubahan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen dikatakan efektif

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku ajar tematik integratif berbasis discovery learning, motivasi belajar, karakter tanggung jawab
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:04
Last Modified: 09 May 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35530

Actions (login required)

View Item View Item