PEMANFAATAN HASIL PENELITIAN IPTEKS BERUPA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN KEARSIPAN DI SMK PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Saliman, M. Pd PEMANFAATAN HASIL PENELITIAN IPTEKS BERUPA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN KEARSIPAN DI SMK PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. INOTEK.

[img] Text
Artikel_PPM_Inovatif.doc

Download (77kB)

Abstract

Abstrak Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk: 1). meningkatkan daya tarik dan kemandirian belajar siswa SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada kompetensi kearsipan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer; 2). meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer oleh guru kearsipan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan, ceramah, tanya jawab, demonstrasi, observasi, dan praktik pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis komputer. Program pengabdian dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap diseminasi dan sosialisasi media, serta tahap pemanfaatan media di sekolah. Kegiatan PPM Inovatif berupa pemanfaatan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran Kearsipan di SMK program keahlian Administrasi Perkantoran telah dapat dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar berkat kerjasama dengan MGMP Administrasi Perkantoran propinsi DIY. Berdasarkan pengamatan terhadap pemanfaatan media pembelajaran interaktif di sekolah, sebagian besar sekolah hanya dapat memanfaatkan media tersebut secara klasikal. Seluruh siswa yang mengikuti pelajaran dengan menggunakan media interaktif menyatakan senang dan lebih mudah menangkap materi yang disajikan. Keyword: ppm inovatif, pemanfaatan media, media interaktif

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 09 Aug 2012 02:30
Last Modified: 02 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3553

Actions (login required)

View Item View Item