Astuti, Linda Dwi (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Aktif Tipe Information Search Berbasis Kearifan Lokal DIY untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Nilai Karakter Siswa SMA. S2 thesis, UNY.
|
Text
tesis-linda-dwi-astuti-14726251026.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika aktif tipe information search berbasis kearifan lokalDIY yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan nilai-nilai karakter, (2) mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran aktif tipe information search berbasis kearifan lokal DIY, dan(3) mengetahui ada atau tidaknya peningkatan nilai-nilai karakter siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran aktif tipe information search berbasis kearifan lokal DIY. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan mengadaptasi prosedur pengembangan 4D dengan langkah-langkah meliputi: (a) tahap pendefinisian, (b) perancangan, (c) pengembangan, dan (d) penyebarluasan. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 32 siswa kelas X SMA N 1 Godean. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 28 siswa kelas X MIA 3 dan pada kelas kontrol terdiri dari 26 siswa kelas X MIA 4 SMA N 1 Kasihan. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, angket untuk mengukur nilai karakter siswa, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran fisika aktif tipe information search berbasis kearifan lokal DIY yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba di sekolah, (2) perangkat pembelajaran aktif tipe information search berbasis kearifan lokal DIY dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dan (3)perangkat pembelajaran aktif tipe information search berbasis kearifan lokal DIY dapat digunakan untuk meningkatkan nilai karakter siswa
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, pembelajaran fisika aktif tipe information search, kearifan lokal DIY, kemampuan berpikir kritis, nilai karakter |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 02:49 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35529 |
Actions (login required)
View Item |