Pengaruh Pemberian Air Putih, Air Putih dan Pisang, serta Minuman Isotonis dan Pisang Terhadap Status Hidrasi dan Kadar Glukosa Darah Pemain Tenis Lapangan

Andria, Yogi (2016) Pengaruh Pemberian Air Putih, Air Putih dan Pisang, serta Minuman Isotonis dan Pisang Terhadap Status Hidrasi dan Kadar Glukosa Darah Pemain Tenis Lapangan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yogi andria-14711251070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efek pemberian air putih, air putih dan pisang, serta minuman isotonis dan pisang selama bermain tenis lapangan dalam menjaga status hidrasi dan kadar glukosa darah dan (2) membandingkan efek dari ketiga jenis perlakuan (treatment) tersebut dalam menjaga status hidrasi dan kadar glukosa darah selama bermain tenis lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan sama subjek (treatment by subjects designs). Populasi dalam penelitian ini adalah atlet tenis putra di Kota Padang yang berjumlah 35 orang. Sampel penelitian berjumlah 20 atlet tenis putra yang diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu atlet yang berusia 20-25 tahun dan bersedia menjadi sampel penelitian. Status hidrasi dilihat dari berat jenis urin menggunakan Urinometer, sedangkan kadar glukosa darah diukur menggunakan Glucometer. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan ANOVA (one way) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemberian air putih, air putih dan pisang, serta minuman isotonis dan pisang belum dapat menjaga status hidrasi dan kadar glukosa darah, karena ada penurunan yang signifikan pada status hidrasi dan kadar glukosa darah setelah bermain tenis lapangan, dan (2) tidak ada perbedaan yang signifikan diantara ketiga jenis perlakuan (treatment) dalam menjaga status hidrasi, akan tetapi dalam menjaga kadar glukosa darah minuman yang paling efektif secara berturut-turut adalah minuman isotonis dan pisang, air putih dan pisang, dan air putih dengan perbedaan yang signifikan (p < 0,05)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: air putih, minuman isotonis, pisang, status hidrasi, kadar glukosa darah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jun 2016 02:40
Last Modified: 17 Jan 2022 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35526

Actions (login required)

View Item View Item