PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL ATION TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR ALAT UKUR DASAR DI SMK N 2 WONOSARI.

Kusuma, Anggia (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL ATION TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR ALAT UKUR DASAR DI SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Other
ANGGI KUSUMA 09503245011.PDF

Download (28MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL ATION TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR ALAT UKUR DASAR DI SMK N 2 WONOSARI. Oleh : ANGGI KUSUMA 09503245011 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan pengaruh penerapanembelajaran kooperatif model Group Investigation terhadap pengembangan karakterswa, (2) mengetahui perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model terhadap prestasi belajar alat ukur dasar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan desain quivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswalas X jurusan teknik pemesinan SMK N 2 Wonosari yang berjumlah 96 siswa yangrbagi dalam 3 kelas. Dengan teknik random sampling, dimana sampel kelas dipilih gan undian dan sampel yang terpilih adalah kelas X MA dan X MB masing sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari tes awal dan tes khir, instrument yang digunakan berupa soal pilihan ganda dan lembar observasilai karakter yang telah divalidasi oleh dosen ahli dan diuji reliabilitasnyaata menggunakan uji T untuk mengetahui perbedaan atau peningkatan prestasielajar dan pengembangan karakter siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pengembangan karakter siswa antara kelas eksperimen dan kelas ontrol. Hasil uji t menunjukan bahwa t hitung 65,87. Berdasarkan gain skor, selanjutnya diperoleh skor eksperimen > skorontrol (17,40 > 7,21). Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa terjadi peningkatanestasi belajar alat ukur dasar siswa kelas eksperimen. Penerapan pemb PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER DAN UKUR DASAR DI SMK N 2 WONOSARI. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan pengaruh penerapan terhadap pengembangan karakter swa, (2) mengetahui perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model terhadap prestasi belajar alat ukur dasar siswa. dengan desain Non . Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa las X jurusan teknik pemesinan SMK N 2 Wonosari yang berjumlah 96 siswa yangrbagi dalam 3 kelas. Dengan teknik random sampling, dimana sampel kelas dipilih gan undian dan sampel yang terpilih adalah kelas X MA dan X MB . Pengumpulan data diperoleh dari tes awal dan tes pilihan ganda dan lembar observasi idasi oleh dosen ahli dan diuji reliabilitasnya. Analisis ata menggunakan uji T untuk mengetahui perbedaan atau peningkatan prestasi siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan at perbedaan peningkatan pengembangan karakter siswa antara kelas eksperimen dan kelas lebih besar dari t tabel tabel (?  :4,293 < ?  ?á 00 ) pada taraf signifikan 5%. Peningkatan hasil belajar alat ukur dasar dapat dilihat rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 65,87. Berdasarkan gain skor, selanjutnya diperoleh skor eksperimen > skorontrol (17,40 > 7,21). Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa terjadi peningkatan belajar alat ukur dasar siswa kelas eksperimen. Penerapan pemb ?á : lajar alat ukur dasar dapat dilihat rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu ?» ?b ?M 75,59 65,87. Berdasarkan gain skor, selanjutnya diperoleh skor eksperimen > skor ontrol (17,40 > 7,21). Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa terjadi peningkatan belajar alat ukur dasar siswa kelas eksperimen. Penerapan pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Jun 2016 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 09:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35521

Actions (login required)

View Item View Item