Pelatihan Pemanfaatan Internet Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran

Saliman, M. Pd Pelatihan Pemanfaatan Internet Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran. INOTEK.

[img] Text
Artikel_PPM_2008.rtf

Download (451kB)

Abstract

Kegiatan PPM dengan judul” Pelatihan Pemanfaatan Internet Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran” bertujuan untuk : (1) Meningkatkan pemahaman guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran terhadap teknologi internet; (2) Meningkatkan kemampuan guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran dalam memanfaatkan internet sebagai sumber pembelajaran; (3) Meningkatkan kemampuan guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran dalam memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran. Khalayak sasaran dari program PPM ini adalah guru-guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran di kota Yogyakarta dan kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan metode : (1) Metode ceramah, untuk memberikan pemahaman tentang teori dan konsep internet; (2) Metode tanya jawab, untuk meningkatkan pemahaman tentang manfaat internet sebagai sumber belajar dan media pembelajaran; (3) Metode demonstrasi, untuk memperagakan cara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan media pembelajaran. Demonstrasi yang dilakukan meliputi : demonstrasi cara searching, browsing, download, pembuatan dan penggunaan email, serta pembuatan web sederhana; (4) Metode praktik/latihan, untuk mempraktikkan cara-cara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPM ini tidak lepas dari adanya faktor-faktor yang mendukung dan menghambat. Faktor yang mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan ini adalah antusiasme peserta, ketersediaan dana dari LPM, dan kerjasama yang baik dari tim pelaksana PPM. Sedangkan faktor yang dirasa menjadi kendala adalah keterampilan peserta mengoperasikan komputer berbeda-beda, ada 2 peserta yang sangat awam dengan internet, kehadiran peserta tidak tepat waktu, beberapa fasilitas laboratorium tidak berfungsi dengan baik, dan akses internet pada saat pelaksanaan agak lambat. Ditinjau dari segi waktu pelaksanaan, kegiatan ini terlaksana sesuai dengan batas waktu yang disepakati, artinya tidak mengalami keterlambatan dari pedoman yang ditentukan LPM. Dari segi peserta, peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan adalah sebanyak 80%, yaitu sebanyak 16 orang guru dari 20 orang yang direncanakan terdiri dari 10 orang perempuan dan 6 orang laki-laki berasal dari 9 SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen di kota Yogyakarta dan kabupaten Sleman. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini antara lain : (1) seluruh peserta merespon positif terhadap kegiatan PPM; (2) seluruh peserta memahami dan menyadari perlunya pemanfaatan internet sebagai sumber dan media pembelajaran; (3) seluruh peserta dapat melakukan searching, browsing,dan dowload dengan baik; (4) seluruh peserta dapat membuat dan memanfaatkan e-mail dengan baik; (5) sebagian peserta telah berhasil membuat account personal website, namun belum sampai upload materi pembelajaran. Melihat beragamnya kemampuan para guru dalam mengoperasikan komputer dan internet, maka dipandang perlu adanya pelatihan yang khusus memberikan keterampilan komputer kepada para guru. Selain itu, terdapat beberapa masukan yang datang dari peserta, yaitu : (1) peserta pelatihan berharap dapat dilibatkan lagi dalam kegiatan PPM di waktu mendatang; (2) para peserta meminta diadakan pelatihan pembuatan media presentasi untuk pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 09 Aug 2012 02:27
Last Modified: 02 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item View Item