Pengembangan Multimedia Lectora Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis dan Kreatif Pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas V SD

Noviani, Sumandita (2016) Pengembangan Multimedia Lectora Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis dan Kreatif Pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas V SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sumandita-noviani-14712259013.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan multimedia lectora berbasis inkuiri yang layak untuk meningkatkan kemampuan berfikir logis dan kreatif peserta didik dan (2) mengetahui keefektifan multimedia lectora berbasis inkuiri yang layak untuk meningkatkan kemampuan berfikir logis dan kreatif peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam ranah penelitian dan pengembangan (R&D). prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall sampai dengan langkah kesembilan dengan langkah-langkah yaitu: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba lapangan operasional, dan (9) penyempurnaan produk akhir. Subyek uji coba adalah siswa kelas V SD Jetis Bantul.Subyek uji coba terbatas terdiri atas 3 siswa.Subyek uji coba lapangan terdiri atas 8 siswa yang belum terlibat dalam uji coba terbatas, dan subyek uji lapangan operasional terdiri atas 33 siswa kelas VA. Perbedaan skala kemampuan berfikir logis dan kreatifantara kelompok kontrol dan eksperimen diuji dengan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa multimedia lectora berbasis inkuiri.Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa multimedia lectora berbasis inkuiri tersebut layak menurut ahli media dan ahli materi dengan kategori penilaian sangat valid.Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia lectora berbasis inkuiri ini efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir logis dan kreatif peserta didik. Berdasarkan uji coba lapangan operasional didapat p<0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berfikir logis dan kreatif peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan multimedia lectora berbasis inkuiri dan yang tidak menggunakan multimedia lectora berbasis inkuiri hasil pengembangan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, lectora, inkuiri, berfikir logis, berfikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jun 2016 01:57
Last Modified: 09 May 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35517

Actions (login required)

View Item View Item