LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL II) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SD NEGERI PAKEM 1

REZA RIVANO, REZA RIVANO (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL II) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SD NEGERI PAKEM 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan-Abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I - BAB III.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2015 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. PPL inilah yang nantinya akan memberikan pengalaman baru dan nyata bagi mahasiswa. SD Negeri Pakem 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pembelajaran di sekolah; melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; kesempatan untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini terdiri dari program mengajar dan non mengajar. Program mengajar terdapat pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 5 kali yang dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2015, 15 Agustus 2015, 20 Agustus 2015, 25 Agustus 2015, dan 31 Agustus 2015. Praktik ujian sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 10 September 2015 dan 11 September 2015. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan program PPL di SD Negeri Pakem 1 berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi, akan tetapi dengan komunikasi dan kerjasama antara mahasiswa PPL dapat mengatasi permasalahan yang ada. Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa memicu kegiatan yang diagendakan oleh sekolah, sehingga dalam melakukan PPL di Sekolah Dasar kehadiran mahasiswa begitu berkenan. Dukungan dari pihak sekolah sangat membantu mahasiswa dalam menghadapi masalah ketika PPL. Kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan yang baik antaraUNY dengan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, Sekolah Dasar, SD Negeri Pakem 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jun 2016 01:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35516

Actions (login required)

View Item View Item