Nuni Kusumawati, Nuni Kusumawati (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI PAKEM 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK NUNI.pdf Download (7kB) | Preview |
|
![]() |
Text
3. BAB 123.docx Download (108kB) |
Abstract
Salah satu tujuan dari program PPL yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik atau tenaga kependidikan. SD Negeri Pakem 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Adapun program kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem I adalah mengajar terbimbing yang dilaksanakakan pada tanggal 10 Agustus sampai pada tanggal 12 September 2015. Agar proses pembelajaran berjalan lancar, sebelum mengajar pratikan melakukan observasi dan konsultasi kepada guru kelas atau guru pamong kemudian menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan kelas tinggi yakni kelas 1, 2, 3, 4, dan 5. Selama pelaksanaan program PPL diharapkan pratikan dapat menguasai materi pembelajaran dan metode pembelajaran, mampu mengelola kelas, memahami karakteristik siswa di kelas, dan mampu memiliki kepribadian sebagai seorang guru. Program yang dilaksanakan selama PPL yaitu program mengajar terbimbing sebanyak 7 kali mengajar, lima kali mengajar terbimbing, satu kali ujian mengajar kelas rendah dan satu kali ujian mengajar kelas tinggi. Selain itu ada program yang non mengajar yaitu seperti Pendampingan Lomba PHBS, lomba Paduan Suara dalam rangka HUT RI ke 70 tahun,administrasi perpustakaan, pembuatan media,dan pendampingan pramuka Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem 1 dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang kependidikan, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan dalam memecahkan permasalahan. Selain itu dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program PPL, Tujuan PPL, SD Negeri Pakem 1 |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 01:42 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |