MODEL PEMBELAJARAN KIP (KREATIF, INOVATIF, DAN PRODUKTIF) UNTUK MENGATASI RENDAHNYA PARTISIPASI BELAJAR SISWA

Saliman, M. Pd MODEL PEMBELAJARAN KIP (KREATIF, INOVATIF, DAN PRODUKTIF) UNTUK MENGATASI RENDAHNYA PARTISIPASI BELAJAR SISWA. PPM Reguler Kompetisi.

[img] Text
Artikel_PPM_2010.rtf

Download (152kB)

Abstract

Kegiatan PPM UNGGULAN ini bertujuan untuk: meningkatkan partisipasi belajar siswa SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di Propinsi DIY, dan meningkatkan kemampuan guru SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di Propinsi DIY dalam mengembangkan model pembelajaran KIP. Khalayak sasaran dari kegiatan PPM ini adalah para guru SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang tergabung dalam MGMP Administrasi Perkantoran propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan PPM Unggulan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik. Langkah-langkah yang dilakukan dalam PPM Unggulan ini meliputi: persiapan, pelaksanaan, evaluasi. Hasil dari kegiatan PPM Unggulan ini adalah berupa Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP) yang terdiri dari tahap Orientasi, Eksplorasi, Interpretasi, Re-Kreas, dan Implementasi. Model pembelajaran yang dikembangkan tersebut disosialisasikan dalam bentuk pelatihan kepada 37 orang guru SMK kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran propinsi DIY. Berdasarkan hasil evaluasi, seluruh peserta pelatihan memberikan penilaian baik terhadap pelaksanaan PPM dan model pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 09 Aug 2012 02:24
Last Modified: 02 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3551

Actions (login required)

View Item View Item