LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/ MAGANG III DI SMP NEGERI 1 MLATI

Vera Florentieka, Vera Florentieka (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/ MAGANG III DI SMP NEGERI 1 MLATI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PKn_VERA FLORENTIEKA_12401244029.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL)/Magang III, merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dimana program ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY yang akan memperoleh gelar S1. Program PPL/Magang III ini merupakan sarana pengaplikasian serta penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh mahasiswa di kampus pada saat perkuliahan. Ilmu yang tewlah didapatkan mahasiswa diaplikasikan secara nyata melalui program PPL/Magang III yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mlati, dimana dilaksanakan dengan melaksanakan kegiatan Praktek Mengajar Terbimbing. Program PPL/ Magang III di SMP Negeri 1 Mlati mulai dilaksanakan sejak 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Adapun pelaksanaan program PPL/ Magang III tersebut meliputi observasi sekolah; observasi kelas; Kegiatang Mengajar Terbimbing yang meliputi: pembuatan RPP, Konsultasi dengan guru pembimbing perihal administrasi perangkat pembelajaran (RPP, Silabus, Prota, Prosem), dan pelaksanaan kegiatan mengajar terbimbing; selanjutnya berpartisipasi dalam kegiatan sekolah dan juga kegiatan non mengajar. Pada tahap praktik mengajar terbimbing, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yag meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran yang harus dikonsultasikan kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Praktik mengajar terbimbing mulai dilaksanakan mahasiswa praktikan pada tanggal 18 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 dimana, mahasiswa Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VIII, Meliputi kelas VIII A, B, C dan D dengan alokasi waktu 2x40 menit setiap pertemuan. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL/Magang III di SMP Negeri 1 Mlati adalah masalah kurang bisa memahami karakteristik tiap peserta didik kelas VIII karena singkatnya waktu PPL/Magang III. Selama praktek kegiatan mengajar terbimbing di SMP Negeri 1 Mlati hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL/Magang III adalah mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman nyata bagaimana menjadi seorang guru yang sesungguhnya yakni dari penyusunan rencana pembelajaran, mengumpulkan bahan ajar, pelaksanaan mengajar di kelas serta bagaimana memahami karakteristik tiap peserta didik. Melalui program PPL/Magang III ini mahasiswa dapat mengembangkan ilmu pengetahuan serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pemahaman terhadap karakteristik tiap peserta didik merupakan salah satu hal penting yang harus mampu dikuasai oleh guru, karena dengan memahami karakteristik tiap peserta didik maka akan mempermudah guru dalam berkomunikasi dengan peserta didiknya. Apabila terjalin komunikasi yang baik anatara guru dan peserta didik maka akan lebih mudah pula guru dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Memhami karakteristik tiap peserta didik dapat dilakukan pendekatan secara personal dapat dilaksanakan didalam kelas maupun diluar kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL/Magang III, kegiatan mengajar terbimbing, peserta didik, mahasiswa, guru.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35491

Actions (login required)

View Item View Item