LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Materi Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Mlati

Qori Handayani, Qori Handayani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Materi Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Mlati. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PKn_QORI HANDAYANI_12401241020.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan telah berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Salah satu model yang dipilih adalah melalui pelaksanaan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)/Magang III. Praktik Pengalaman lapangan (PPL)/Magang III merupakan suatu program terpadu, yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan langkah strategis untuk mengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama 6 (enam) semester duduk di bangku kuliah. Praktik Pengalaman lapangan (PPL)/Magang III mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 1 Mlati yang terletak di Kabupaten Sleman. Praktik ini dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Adapun pelaksanaan program PPL tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, praktik mengajar, evaluasi hasil belajar, pelaksanaan piket di sekolah, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap persiapan mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan diberi kesempatan untuk mengajar sebanyak 14 (empat belas) kali. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas IX, Meliputi kelas IXA, IX B, IX C dan IXD dengan alokasi waktu 2x40 menit setiap pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar peserta didik. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL. Penyusun berharap untuk kedepannya, hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35490

Actions (login required)

View Item View Item